Penerimaan Mahasantri Baru TA.2021/2022

Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut, yang beralamatkan di Jln. Surodiningrat, Dusun Puyut, RT. 02 RW 02, Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kab. Ponorogo, Indonesia merupakan salah satu pesantren basic mahasiswa yang menerapkan proses pembelajaran dengan sistem perpaduan kuliah dan mondok. Hal ini sejalan dengan jargon yang diusungnya. Ya kuliah, Ya mondok. Hal ini bermakna, bahwasannya santri yang menuntut ilmu di Pondok Pesantren ini mayoritas berasal dari mahasiswa kampus-kampus terdekat. Seperti kampus IAIN Ponorogo, dll. Meskipun pada awalnya Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut diperuntukkan untuk mahasiswa, namun dalam perkembangannya pondok ini tetap membuka kesempatan bagi santri secara umum yang berniat untuk memperdalam ilmu agama, baik dengan secara laju maupun mukim. Kegiatan sehari-hari pondok pun tidak mengurangi efisiensi para mahasantri dalam membagi kesibukannya di bangku kuliah dan mengaji. Hal ini dikarenakan terdapat kebijakan tersendiri yang bersifat fleksibel untuk mengatur sistem pembelajaran yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi mahasantri.

Sebagaimana pondok-pondok pada umumnya, Pondok Pesantren Sunan Kalijaga puyut memiliki banyak program unggulan, antara lain: Tahsin Al-Qur’an, Pembelajaran Kitab Kuning, Seni Hadroh, Public Speaking, Jurnalistik, dan Santri Media.

Fasilitas penunjang yang ada di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga juga tak kalah menarik dibanding pondok lain. Diantaranya terdapat fasilitas dapur mandiri yang diperuntukkan untuk para mahasantri. Adanya dapur mandiri ini dimaksudkan agar mahasantri mandiri, meskipun dimulai dari hal sepele sekalipun. Wifi area juga disediakan bagi mahasantri yang sedang mengenyam pendidikan di jenjang perguruan tinggi untuk mengakses internet dll. Selain itu, pihak pondok juga menyediakan print area yang dapat digunakan kapan saja bagi mahasantri yang membutuhkan. Satu fasilitas penunjang lain yang membedakan dengan pondok-pondok lain adalah adanya fasilitator dan program bimbingan khusus yang membantu mahasantri semester akhir dalam menyelesaikan tugas skripsi.

Dengan sistem pembelajaran dan kebijakan yang berlaku tersebut, diharapkan mampu menciptakan generasi muda yang unggul dalam bidang IPTEK [Ilmu pengetahuan Teknologi] dan IMTAQ [man dan Taqwa] yang berlandaskan Ahlusunnah Wal Jama’ah dan mampu terjun di tengah masyarakat.

“Sebaik-baik generasi muda adalah mereka yang mampu menggunakan waktu untuk menutut ilmu, demi mempersiapkan masa depan yang lebih baik.” Ujar Kiai Muhammad Busro, selaku pengasuh Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut

Tiga tahun sejak berdiri, Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut berusaha memberikan kontribusi terbaiknya di bidang pendidikan. Kali ini ditahun ajaran 2021/2022, Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut membuka pendaftaran bagi calon mahasantri dengan dua gelombang . Yakni Gelombang pertama: 5 April – 5 Juni 2021, dan Gelombang kedua : 21 Juni – 24 Juli 2021.

Untuk info lanjut pendaftaran anda bisa mengunjungi akun media sosial kami :

IG : @sunan_kalijagapuyut , FB : Sunan Kalijaga Puyut, Youtube : Tabsyiir Kalijaga.

By: SKP Media Center

5 Comments

  1. Alhamdulillah , sukses selalu

  2. alhamdulilah, barokah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *