Fasal 17 | Bagaimana cara menjauhkan diri dari sifat hasad dan riya’.? (Penjelasan kitab Adabul Alim wa Muta’alim)

من فقهاء الزمان وعلماىٔه بكثير من هذه الصفات الامن عصمه اللًه تعالى . السيما الحسد والعجب والرياء والتكبر، وادوية هذه الامراض مستوفاة فى كتب الرقاىٔق، فمن أراد تطهير نفسه منها فعليه بتلك الكتب، ومن انفعها والطفها كتاب بداية الهدرة اللا مام الغز الى رحمة اللّه تعالى، ومن ادوية الحسد الفكر بانه اعترض على اللّه تعالى فى حكمته المقتضية تخصيص المحسود بالنعمة مع فيه من تعب القلب وتعديبه بما لاضرر فيه على المحسود، ومن ادوية العجب تذكر انّ علمه وفهمه وجودة دهنه وفصاحته وغير ذلك من النعم فصل من اللّه تعالى عليه واما نة لديه ليرعا ها حق رعا يتها، وان معطيها ايّاه قادر على يسلبها منه طرف عين وما ذلك على اللّه بعزيز، افأمنو المطر اللّه فلايأمن مكر اللّه الا القوم الخا سرون، ومن اد وية الرياء الفكربان الخلق كلهم لايقدرون على نفعه بما لم يقضه اللّه له ولا على ضرره بما لم يقدره اللّه عليه فلم يحبك عمله ويضردينه وشغل نفسه. مراعاة من لا يملك له فى الحقيقة نفعا ولاضرا مع ان الله يطلعهم على نيته وقبح سريرته كما صح فى الحديث من سمع سمع اللّه به ومن رآءى رآءى اللّه به

Penjelasan :

Sebagian para ulama’ dan para ahli fiqh di coba oleh Allah ta’ala dengan sifat-sifat tersebut diatas (sombong, hasad, riya dll) kecuali orang yang di jaga langsung oleh Allah ta’ala.

Terfokus pada sifat hasud, membanggakan diri sendiri ( ujub ) , riya’ dan sombong. Beberapa obat dari berbagai macam penyakit ini telah dijelaskan dalam kitab yang memuat tentang halusnya watak ( kutub al raqa’iq ). Barang siapa yang hendak mensucikan dirinya dari penyakit tersebut, maka hendaknya ia memiliki kitab tersebut. Termasuk kitab yang paling penting dan paling halus yaitu kitab “ bidayah al hidayah ” karya dari imam Al Ghazali r.a.

Termasuk cara untuk mengobati penyakit hasud adalah :

1). Selalu berfikir bahwa hasud itu selalu bertentangan dengan Allah.

2). selalu mengingat bahwa ilmu yang diperolehnya , pemahaman yang dimilikinya , akal yang cerdas dan baik, serta kafasihan lisan dalam mengucapkan kata-kata dan lainnya , segala kenikmatan yang diperolehnya semuanya berasal dari Allah ta’ala, dan sebuah amanah besar yang harus dipegang dan dijaganya dengan sebaik baiknya.

Hendaknya kita juga mengetahui bahwa sungguhnya dzat itu adalah dzat yang Maha kuasa, yang mampu mengambil dan menariknya dari kita meskipun dalam sekejap mata. Tiada lain adalah Allah Yang Maha Luhur.

Apakah kalian semua sudah merasa aman dari dari tipu daya Tuhan..???

Maka sejatinya tidak ada seorang pun yang aman dari semua daya upaya Tuhan (taqdir Allah) kecuali orang-orang yang merugi.

Adapun termasuk cara untuk mengobati penyakit riya’ adalah sebagai berikut :

Selalu berfikir, berangan-angan bahwa semua makhluq yang ada di alam raya ini, dilaut, di angkasa, dan di daratan manapun tidak ada yang bisa memberikan manfaat. serta tidak bisa membahayakan terhadap sesuatu yang tidak dikehendaki oleh Allah. Oleh karena itu kenapa dia menghilangkan, melebur dan menghapuskan terhadap amal ibadahnya sendiri, membahayakan terhadap dirinya sendiri, melakukan aktifitas, kesibukan dan berusaha untuk memperhatikan orang yang tidak menguasai, tidak bisa memberikan kemanfaatan dan bahaya secara hakiki, padahal Allah ta’ala telah menampakkan niat dan kejelekan hati pada diri mereka, sebagaimana yang telah diungkapkan dalam sebuah hadits : “Barang siapa yang mempunyai niatan supaya didengar oleh orang lain, maka Allah akan memperdengarkannya, dan barang siapa yang memamerkan dirinya , maka Allah ta’ala juga akan menampakkan sifat pamer orang tersebut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *