Sejarah Singkat Ponpes Sunan Kalijaga Puyut Indonesia.

Masjid Al Adnan, Ponpes Sunan Kalijaga Puyut Indonesia, Berdiri Semenjak Tahun 1910 M.

Pesantren Sunan Kalijaga Puyut, didirikan oleh Muhammad Busro M.Pd.I, dibawah naungan Yayasan Al Hikmah Ponorogo, pada tanggal 01 Juni 2018. Sebelumnya pesantren ini dulunya dirintis oleh Alm. Kakeknya yaitu Kyai Haji Adnan diera 1900-1952. Pada masa itu pesantren ini dikenal dengan nama Kedung Puyut.

Para santri Alm. KH Adnan berasal dari lintas Dusun dan Desa, yang ada di wilayah Kecamatan Jenangan. Para Santri Beliau, belajar mulai dari Maghrib sampai Ba’da subuh, karena para santrinya yang mayoritas berprofesi sebagai petani, yang mana para santri ini tidak mondok melainkan harus kembali kerumah paginya untuk bertani.

Salah Satu Santri Sedang Mengaji Al Qur’an.


Sepeninggal Alm. KH Adnan, dilanjutkan oleh Alm. KH Muhsin (Paman Kandung, Pendiri) dan Alm. Kyai Sadadji (Ayah Kandung Pendiri) dengan pola yang sama. Selanjutnya Muhammad Busro mengembangkan dengan mulai merintis sebagai pondok pesantren semenjak tahun 2017, atas keprihatinannya kepada mahasiswanya semenjak ia menjadi Dosen di Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Keprihatinan ini atas keadaan mahasiswa yang kesulitan ketika ingin mendalami ilmu agama. Kemudian atas restu para Dewan Pembina Yayasan Al Hikmah, yang menaunginya, pada tanggal 1 Juni 2018 resmi terbentuklah Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Indonesia.

Keasrian Ponpes Sunan Kalijaga Puyut Indonesia.


Kini dimasa keemasan generasi penerus Alm KH Adnan, Pendiri, Pengasuh, dan Para guru Pondok Pesantren terus bahu membahu mewakafkan fikiran dan tenaga serta hartanya untuk membuat pesantren Sunan Kalijaga Puyut Indonesia, menjadi Pondok Pesantren yang mampu mencetak dan melahirkan santri-santri yang bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan masayarakat serta bangsa dan Negara Kesatuan Indonesia tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *