Profil Pendiri Sunan Kalijaga Puyut Indonesia

Profil Pendiri Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Indonesia

Muhammad Busro M.Pd.I, lahir pada 26 Nopember 1989, di Dukuh Puyut, Desa Plalangan, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Busro kecil dibesarkan dilingkungan pesantren milik Kakeknya Alm. Kyai Haji Adnan bersama Kakaknya Ustads Abu Abbas. Keduanya memiliki cita-cita mulia membesarkan pesantren milik Kakeknya itu, bersama para pengasuh dan guru di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Indonesia. 

Kyai Busro sapaan akrab para santri dan warga puyut , menempuh pendidikan santri pada pondok pesantren Nurul Hikam, Keniten, Ponorogo pada tahun 2005-2012. Sebagai seorang santri Muhammad Busro memiliki segudang prestasi yang baik. Seperti juara membaca Kitab Bulughul Marom, dan lainnya. Kemudian mengusai kitab-kitab karangan Ahlussunah Waljamaah yang diajarkan di Pesantren Nurul Hikam.

Pada pendidikan formalnya Busro berhasil menyelesaikan S2 dengan gelar Magister Pendidikan Islam, Jurusan Bahasa Arab, di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur pada tahun 2014. Sebelumnya Kyai Busro menempuh pendidikan formal pada institusi pendidikan islam dimulai Taman Kanak-Kanak (TK) di Raudlatul Athfal Muslimat 3 Plalangan 1996, SDN 2 Plalangan 2002, MTsN Ponorogo 2005, MAN 2 Ponorogo 2008, S1 dengan gelar Sarjana Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Ponorogo 2012.

Dimulai semenjak remaja Kyai Busro sangat aktif berorganisasi baik formal dan nonformal mulai dari OSIS, Pramuka, BANSER, ANSOR, Nahdatul Ulama dan bahkan juga diangkat sebagai Lurah pondok pesantren Nurul Hikam saat itu.

Kini bersama para pengasuh dan pengurus Kyai Busro dengan dinaungi Yayasan Al Hikmah Ponorogo, mendirikan Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Puyut Indonesia. Hal itu sesuai cita-cita para pendahulunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *