Pentingnya Penataan Toilet dan Tempat Berwudhu dan Kolah Pada Masjid.

Gambar Pemanis

Jika kita mampir masjid ataupun musholla sering kali kita mendapati toilet berdekatan dengan tempat wudlu.

Parahnya, kita jarang menemukan tempat basuhan terakhir (semacam kolah) untuk memastikan kaki suci sebelum masuk ke dalam masjid ataupun musholla. Hal ini sangatlah berbahaya, terutama jika banyak anak kecil yang setelah dari toilet langsung nyelonong masuk ke masjid. Bisa-bisa masjid jadi najis semua. Orang dewasa sekalipun jika desain tempat bersuci seperti yang tergambarkan tadi juga sulit dalam menjaga kesucian masjid.


Jika model desain tempat bersuci semacam ini diteruskan dan tidak dirubah sebagaimana prinsip kehati-hatian. Maka sebagai insan yang tau tentang bahaya najis ini, kita wajib berusaha mendorong pengurus masjid atau musholla untuk mendesain ulang tempat bersuci supaya dapat meminimalisir menyebarnya najis.

Tulisan sederhana ini semoga dapat mengingatkan kita akan pentingnya memperhatikan kesucian tempat dimanapun kita berada. Termasuk di rumah dan tempat-tempat yang lain.


إن الله يحب التوابين ويحب المتطهرين


Sesungguhnya Allah cinta terhadap orang-orang yang senantiasa bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri.

Marilah kita berupaya semaksimal mungkin untuk senantiasa menjaga kesucian lahir dan batin. Dengan seperti ini semoga mendatangkan ridlo Allah SWT. Aamiin. (Kyai Busro)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *